Demo Setengah Bugil Tuntut Hak Bugil di Pantai Gegerkan Argentina

Minggu, 12 Feb 2017 | 01.00 WIB

Demo Setengah Bugil Tuntut Hak Bugil di Pantai Gegerkan Argentina

ilustrasi wanita bugil di pantai (IST)


Centroone.com - Puluhan wanita setengah telanjang dan ratusan orang lainnya menggelar aksi di sebuah pantai di Buenos Aires, untuk menuntut hak berjemur setengah telanjang setelah polisi mengusir seorang wanita yang berjemur sambil topless alias tanpa busana dari pantai.Demikian seperti dilaporkan The Guardian.

Protes lain dalam skala kecil juga diadakan di seluruh negara sepanjang pekan ini sebagai reaksi terhadap insiden yang terjadi Januari lalu tersebut. Dalam undang-undang Argentina sendiri memang tidak aturan jelas apakah seorang wanita diperbolehkan setengah telanjang di pantai publik atau tidak.

Dalam aksi tersebut, para wanita yang menggelar aksi menuntut hak yang sama seperti pria untuk berjemur setengah telanjang. Demonstran tersebut menulis tuntutan mereka di tubuh yang berbunyi  "Satu-satunya buah dada (maaf) yang mengganggu mereka adalah yang bukan untuk dijual".

Demo itu sendiri merupakan kelanjutan dari demo "Not One Less 'yang melibatkan puluhan ribu penduduk Argentina untuk membantah kekerasan gender setelah kejadian pemerkosaan dan bunuh remaja berusia 16 tahun. Para demonstran mengatakan, kejadian wanita diusir dari daerah pantai adalah salah satu contoh diskriminasi sosial antara pria dan wanita di Argentina.  

Dalam kejadian pengusiran wanita bugil dari pantai tersebut, polisi mengenakan aturan dilarang melakukan "perbuatan cabul" di depan umum. Namun di pengadilan seorang hakim memutuskan  apa yang dilakukan wanita itu bukanlah kejahatan. by