Nepal Bakal Buka Zona WIFI Gratis di Puncak Tertinggi Dunia

Jumat, 17 Feb 2017 | 19.00 WIB

Nepal Bakal Buka Zona WIFI Gratis di Puncak Tertinggi Dunia

rute ke Gunung Everest (IST)


Centroone.com - Puncak tertinggi dunia, Gunung Everest dan wilayah sekitarnya, Annapurna akan dilengkapi dengan fasilitas layanan mobile broadband (WiFi) gratis mulai bulan depan.

Ketua Otoritas Telekomunikasi Nepal (NTA), Digambar Jha mengatakan, sambungan internet itu dipasang dengan itu  tujuan memudahkan hubungan komunikasi antara para pendaki selain membantu usaha penyelamatan jika terjadi bencana alam dan sebagainya di sana.

Sebelum ini menurut laporan CNN, gunung Everest dengan ketinggian 8.848 meter di atas permukaan air laut, diduga kuat mengalami penurunan tinggi. Dugaan itu muncul pasca gempa besar yang terjadi di Nepal pada 2015 tahun lalu. Setelah gempa berkekuatan 7,8 skala Richter yang mengguncang Nepal pada April 2015 lalu, di ibukota Kathmandu permukaan tanahnya naik satu meter sedangkan dari pantauan satelit puncak Everest menjadi 1 inchi alias 2.54 centimeter lebih rendah.

Temuan itu kontroversial karena kebijaksanaan konvensional menyatakan bahwa gempa yang mendorong bumi ke permukaan ketika dua lempeng tektonik bertabrakan seharusnya membentuk pegunungan, kata John Elliott seorang ahli geofisika di University of Leeds di Inggris.

Para ilmuwan di India kini tengah mempersiapkan sebuah ekspedisi menuju puncak Everest untuk mengetahui apakah penurunan ketinggian itu benar-benar terjadi atau tidak. by/bbs